Cara Merawat Laptop Gaming

Industri game saat ini berkembang sangat pesat. Dari konsol game, PC, dan laptop hingga masuk ke perangkat seluler. Game yang sering kita jumpai saat ini adalah FIFA, PES, Dota 2 dan masih banyak lagi. Beberapa game/game ini hanya bisa dimainkan di laptop. Oleh karena itu, banyak produsen laptop yang saat ini memproduksi laptop gaming dengan spesifikasi yang sangat tinggi.

Bagi Anda para gamers yang memiliki laptop gaming tentunya bisa memainkan berbagai jenis game di konsol dan PC. Tentunya Anda juga perlu melakukan perawatan secara rutin agar laptop yang Anda gunakan untuk bermain game selalu dalam kondisi yang baik. 

Memiliki laptop gaming yang tahan lama akan mengurangi pengeluaran karena komponen yang rusak biasanya harganya akan mahal. Oleh karena itu di sini kami akan membagikan cara merawat laptop gaming agar awet.

5 langkah merawat laptop gaming

1. Gunakan kipas pendingin eksternal

Overheating laptop yang terlalu panas akan mempengaruhi hardware dan komponen dari laptop itu sendiri. Istilahnya laptop saat terkena panas berlebihan adalah overheating dan komponen yang paling terpengaruh adalah CPU dan kartu grafis. Tentu saja laptop ini dilengkapi dengan kipas pendingin internal yang memadai. Tapi tetap saja akan selalu menjadi ide yang baik untuk menggunakan kipas pendingin eksternal agar laptop Anda tetap berjalan.

2. Gunakan mouse/keyboard eksternal

Bermain dengan mouse/keyboard eksternal dapat mengurangi kerusakan pada keyboard laptop gaming Anda yang beberapa di antaranya rawan rusak. Karena ada beberapa game yang membutuhkan pengetikan cepat dan relatif sulit di keyboard. Ada banyak sekali keyboard murah yang bisa anda beli di marketplace.

3. Kontrol waktu bermain

Walaupun kebanyakan laptop gaming memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, namun Anda perlu menjaga durasi waktu bermain game Anda agar komponen yang ada di dalam laptop, terutama baterai, dapat beristirahat. Karena spesifikasi dan kualitas tertinggi dari sebuah laptop gaming bila digunakan secara berlebihan akan memperpendek umur laptop tersebut.

4. Bersihkan komponen secara teratur

Bersihkan keyboard, layar, dan laptop Anda secara menyeluruh dari debu dengan kain setengah basah agar partikel yang menempel tidak berkembang menjadi jamur. Mengganti pasta CPU dan membersihkan kipas laptop secara teratur akan meningkatkan umur laptop gaming Anda.

5. Gunakan daya listrik yang stabil

Input daya listrik yang stabil menggunakan Power Supply asli akan membantu menjaga komponen listrik di dalam laptop tetap sehat. Sebab, jika aliran listrik yang masuk tidak stabil laptop anda bisa korsleting dan terkadang rusak. Hal seperti ini tentu saja bisa menguras isi dompet karena biaya servisnya yang tidak murah.
 
=================

Jadi inilah 5 hal yang bisa anda lakukan untuk merawat laptop gaming. Jika ternyata laptop anda sampai rusak, maka sebaiknya anda menggunakan jasa service laptop profesional yang bisa membantu anda memperbaiki laptop gaming. Saat ini ada banyak layanan jasa service laptop gaming yang bisa membantu anda. Anda bisa googling di internet untuk menemukan alamat-alamat jasa service laptop di kota anda.