5 Tips Memaksimalkan Pendapatan Dari Digital Marketing

Beberapa perusahaan berusaha memasang iklan mereka di sosmed yang menarik: Instagram, Facebook, YouTube, TikTok, Pinterest, dan platform lainnya. Biasanya merek yang memiliki kampanye media sosial yang efektif akan mendapatkan keuntungan besar. 

Anda membutuhkan lebih dari sekadar produk bagus untuk melihat lonjakan pendapatan dari iklan digital. Banyak startup merugi karena membuat iklan yang tidak menarik atau gagal menganalisis metrik mereka untuk mencapai target demografis mereka.

Jika Anda memulai atau berjuang untuk membuat kampanye yang efektif, berikut adalah 5 tips untuk meningkatkan pendapatan melalui digital marketing.

Gunakan Konten yang Relevan


Lama berlalu adalah hari-hari ketika perusahaan membutuhkan dolar pemasaran yang besar untuk menghasilkan kampanye iklan. Iklan sosial hari ini terlihat kurang seperti iklan TV sinematik, dan lebih seperti konten organik yang dapat dibuat siapa pun dengan iPhone dan perangkat lunak pengeditan dasar. Bisnis besar dan kecil menggunakan video testimoni pelanggan atau influencer atau merekam video dari ponsel mereka, menambahkan subtitle, musik, dan mengunggah konten sebagai iklan. Ketika dilakukan dengan benar, pendekatan ini diterjemahkan menjadi akuisisi pelanggan.

Uji berbagai aset materi iklan untuk mengetahui apa yang ditanggapi audiens Anda. Algoritme media sosial menyukai video, jadi itu adalah tempat yang baik untuk memulai. Sertakan subtitle karena sebagian besar pengguna menonton tanpa suara.

Media sosial telah mengubah cara konsumen berbicara dan apa yang mereka tanggapi. Tren yang digerakkan oleh pengguna akan tetap ada, jadi ikuti terus tren saat ini untuk membuat konten yang ditanggapi oleh konsumen. Dan tren yang menjadi viral di satu platform (bayangkan munculnya video TikTok dengan teks di layar) kemungkinan akan terbawa ke semua saluran media sosial.

Mulai Kecil


Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah melakukan semuanya dan membelanjakan jumlah yang cukup besar untuk iklan yang tidak berkinerja. Pertama, identifikasi siapa calon pelanggan Anda melalui riset pasar, survei, dan dengan menguji audiens melalui iklan Facebook atau Instagram. Optimalkan pembelanjaan iklan Anda dengan ROAS (laba atas pembelanjaan iklan) alih-alih CPA (biaya per akuisisi), CPC (biaya per klik), dan lainnya, karena seringkali metrik inilah yang paling masuk akal untuk bisnis Anda. Jika situs web Anda ramah pengguna, iklannya menarik dan terlihat oleh demografis Anda, penjualan akan masuk.

Mempekerjakan Benar


Dua skenario dapat terjadi ketika startup menghubungi agensi digital. Mereka menemukan sebagian besar mengenakan biaya minimal $5rb per bulan (tidak termasuk anggaran iklan) dan tidak dapat melanjutkan. Atau mereka menyewa agen dengan memotong biaya di departemen lain dan melihat pertumbuhan penjualan yang sangat kecil atau tidak sama sekali. Ada agensi hebat yang melakukan pekerjaan luar biasa dan memberikan harga yang fleksibel, tetapi bisnis baru harus ekstra rajin, terutama saat arus kas ketat.

Jika Anda ingin melakukan outsourcing, temukan seseorang yang memahami industri Anda. Memilih pemasar yang berpengalaman dalam memasarkan peralatan farmasi tetapi bukan industri Anda tidak akan memberi Anda wawasan kritis tentang perilaku dan tren audiens spesifik Anda.

Luangkan waktu untuk mewawancarai perusahaan atau individu potensial untuk menemukan kecocokan yang tepat untuk industri, produk, dan pelanggan Anda. Hubungi atau email referensi klien saat ini atau sebelumnya untuk melihat bagaimana kinerjanya dalam anggaran dan kerangka waktu khusus mereka.

Dengan perubahan pasar kerja karena Covid, banyak pemasar menjadi mandiri dan mencari klien baru. Jika bekerja dengan pekerja lepas adalah pilihan yang lebih baik untuk Anda, carilah profesional di LinkedIn dan Upwork untuk menemukan kandidat yang tepat.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang digital marketing dengan menonton video dan mengikuti kursus online, tetapi pertimbangkan apakah lebih hemat biaya untuk mempekerjakan seseorang untuk pekerjaan itu. Orang atau tim yang terampil memungkinkan Anda untuk fokus dan mengembangkan area lain dari bisnis Anda.

 Ikut terlibat


Outsourcing tidak berarti menyerahkan kendali sepenuhnya. Anda tahu bisnis Anda lebih baik daripada siapa pun dan visi yang Anda miliki untuk merek Anda. Saat Anda membawa orang atau perusahaan baru untuk membantu pemasaran dan periklanan, jelaskan tentang suara, suasana hati, dan estetika yang Anda inginkan, tetapi tetap berpikiran terbuka dan bersedia menguji konsep dan ide baru. Ingat, tidak apa-apa untuk mengatakan "tidak" pada saran yang tidak sesuai dengan visi Anda. Meskipun Anda mempekerjakan seseorang untuk keahlian mereka, Anda selalu memiliki keputusan akhir tentang apa yang bergerak maju dan apa yang tidak.

Miliki Situs Web yang Dioptimalkan


Startup akan sering mengambil jalan pintas dengan situs web mereka untuk menghemat uang, tanpa menyadari bahwa situs mereka perlu dioptimalkan sepenuhnya untuk desktop dan perangkat seluler. Sebagian besar konsumen memutuskan apakah mereka akan tinggal atau meninggalkan situs dalam 3 detik pertama. Produk atau layanan Anda harus jelas dengan gambar dan salinan yang menawan agar mereka tetap terlibat. Memiliki pemahaman umum tentang cara kerja SEO (Search Engine Watch menyediakan panduan yang mudah diikuti untuk memahami SEO) dan mempekerjakan spesialis dalam pengoptimalan Google sangat penting.