Memilih jembatan timbang yang tepat untuk bisnis anda

Di dalam banyak bisnis seringkali kita menemukan penggunaan jembatan timbang. Biasanya jembatan timbang ini digunakan pada lokasi lokasi pabrik ataupun gudang dan juga perkebunan. Kenapa lokasi-lokasi seperti ini banyak menggunakan jembatan timbang truk. 

Hal itu dikarenakan lokasi-lokasi seperti ini paling sering mempunyai mobilitas barang keluar masuk yang sangat tinggi. Barang-barang ini keluar masuk dengan menggunakan mobil truk mengangkut banyak barang. 

Jadi biasanya perusahaan memasang jembatan timbang ini untuk memantau seberapa besar atau seberapa berat badan yang keluar masuk dari dalam lokasi tersebut. Salah satu contoh yang paling konkrit yang bisa kita lihat adalah penggunaan jembatan timbang truk pada lokasi perkebunan kelapa sawit. 

Di lokasi perkebunan kelapa sawit seperti ini tentu saja memerlukan penggunaan jembatan timbang karena sangat sulit untuk menimbang kelapa sawit satu persatu. Jadi biasanya kelapa sawit ini ditimbang menurut ukuran truk. 

Perusahaan akan membandingkan antara bobot kosong kendaraan dengan bobot kendaraan pada saat sudah mengangkut kelapa sawit ini. Selisih bobot kendaraan pada saat kosong dan terisi inilah yang menjadi bobot dari muatan kendaraan tersebut. 

Untuk mencegah kerugian perusahaan maka tentu saja perusahaan harus menggunakan timbangan yang akurasinya sangat tinggi. Untuk bisa mendapatkan akurasi timbangan yang yang tinggi maka biasanya perusahaan akan menggunakan load cell yang berkualitas baik. 

Inilah yang akan menentukan seberapa akurat hasil dari penimbangan suatu kendaraan seperti ini. Selain menggunakan load cell yang baik maka perusahaan juga biasanya akan rutin melakukan pengecekan atau tera ulang atau kalibrasi pada timbangan ini. 

Walaupun menggunakan load cell yang berkualitas belum tentu akurasinya akan selalu sama dari waktu ke waktu. Proses kalibrasi inilah yang akan mengembalikan tingkat akurasi dari timbangan tersebut. 

Jadi di sini kita bisa melihat bahwa perusahaan yang menggunakan jembatan timbang truk ini adalah perusahaan yang biasanya mempunyai hasil produksi yang homogen. Sangat sulit untuk menggunakan metode seperti ini jika barang yang keluar masuk menggunakan truk sangat bervariasi. 

Jadi jembatan timbang ini biasanya dipergunakan pada lokasi-lokasi yang memang hanya mempunyai satu jenis produk seperti tambang nikel, perkebunan sawit, gudang semen, dan lain sebagainya. 

Anda bisa menyesuaikan kapasitas timbang dari jembatan timbang truk yang anda miliki dengan bobot dan kapasitas kendaraan yang akan melewati jembatan timbang tersebut. Saat ini anda bisa memilih jembatan timbang untuk beban 10 ton, 30 ton, dan 50 ton. 

Sampai di sini dulu pembahasan kami tentang penggunaan jembatan timbang pada perusahaan. Pembuatan kami ini bisa memberikan anda pertimbangan yang anda perlukan untuk menggunakan jembatan timbang ini pada bisnis anda. 

Jika anda tertarik untuk mempergunakan jembatan timbang ini maka anda bisa membelinya dari distributor jembatan timbang truk melalui tautan ini.