Tips menjadi programer untuk pemula

 Jika anda saat ini berniat untuk menjadi seorang programmer dan ingin belajar bahasa pemrograman maka anda perlu mempersiapkan beberapa hal. Hal paling pertama yang perlu anda persiapkan adalah kemampuan anda dalam berbahasa inggris.

 

Karena bagaimanapun bahasa pemrograman adalah sesuatu yang dikembangkan oleh orang-orang asing. Jadi kebanyakan jurnal yang bisa membantu anda untuk belajar bahasa pemrograman juga ditulis dalam bahasa inggris. 

Seseorang yang kurang lancar berbahasa inggris akan sangat kesulitan untuk mempelajari materi materi bahasa pemrograman. Hal yang perlu anda persiapkan adalah sikap anda. Belajar bahasa pemrograman memerlukan tingkat ke fokusan yang sangat tinggi. 

Anda harus disiplin dan tidak tergoda untuk loncat sana loncat sini dalam mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman. Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan pemula pada saat mereka baru pertama kali belajar bahasa pemrograman. 

Mereka ingin membuat suatu program tertentu dan hanya mempelajari hal-hal yang dibutuhkan untuk membuat program tersebut. Jadi pada saat mereka dituntut untuk membuat program yang lain mereka tidak mempunyai dasar yang kuat untuk membuat program tersebut sehingga mereka harus belajar lagi. 

Membuat program bukanlah proses yang menyenangkan an-nur untuk orang-orang yang sulit untuk fokus. Jangan sampai anda mengira karena anda menyukai video game maka anda bisa menjadi programmer untuk video game. 

Bermain game dan membuat program untuk game adalah dua hal yang sangat berbeda. Pada saat anda bermain game anda melihat tampilan grafis yang cantik. Sedangkan pada saat anda membuat video game anda hanya akan melihat sederetan kata-kata yang tidak mempunyai arti. 

Seringkali program yang anda buat tidak berfungsi hanya karena kesalahan kecil seperti penempatan tanda operasional tertentu. Jadi karakter anda juga sangat menentukan seberapa lancar anda mempelajari suatu bahasa pemrograman. 

Pastikan anda mengambil kursus bahasa pemrograman jika anda ingin cepat menguasai bahasa tersebut. Jika anda tidak mengambil kursus maka anda harus memecahkan sendiri setiap masalah yang anda temui dan bisa saja itu memerlukan waktu berhari-hari hanya untuk memecahkan suatu masalah. 

Dengan menggunakan bantuan kursus bahasa pemrograman akan ada seorang mentor yang bisa memandu anda dan memberikan anda bantuan untuk memecahkan suatu masalah pada saat anda mengalami kendala. 

Banyak orang yang merasa kuatir mengambil kursus bahasa pemrograman karena menyangka biaya kursusnya sangat mahal. Sebenarnya ada banyak sekali bahasa pemrograman yang ditawarkan dengan harga yang murah. Jadi sebagai pemula anda bisa menjangkau biaya kursus ini. 

Ini akan jauh lebih baik dibandingkan anda harus mempelajari semua bahasa pemrograman ini secara otodidak. Bagi anda yang tertarik untuk mencari kursus bahasa pemrograman anda bisa mencoba googling di internet karena saat ini ada banyak sekali jasa kursus pemrograman yang menawarkan paket mereka di internet.