Benarkah kita bisa mengetahui masa depan melalui mimpi?

 Ada banyak sekali orang yang mempunyai rasa ingin tahu tentang hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Mereka merasa lebih nyaman jikalau mereka bisa mengetahui hal-hal apa saja yang akan terjadi dan melakukan persiapan untuk menghadapi hal tersebut. 

Tetapi bukanlah hal yang mudah untuk mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Biasanya untuk mengetahui hal-hal yang akan terjadi di masa depan orang-orang melakukan prediksi ataupun ramalan. Salah satu prediksi atau ramalan yang sangat tua adalah dengan menggunakan mimpi. 

Sudah sejak ribuan tahun yang lalu orang-orang menggunakan mimpi untuk menafsirkan hal-hal apa saja yang akan terjadi dalam kehidupan mereka. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah seberapa akurat seseorang bisa mengetahui masa depannya dengan melakukan tafsir mimpi? 

Sangat jelas di sekitar kita ada banyak sekali tafsir mimpi yang berujung dengan meleset. Hal itu dikarenakan tafsir mimpi yang ada saat ini lebih kepada penafsiran dari simbol-simbol atau kode-kode yang terlihat di dalam mimpi seseorang. 

Sering kali tafsir mimpi yang diperoleh justru berujung pada multitafsir yang bisa mengakibatkan kebingungan. Inilah yang membuat banyak orang yang menafsirkan mimpi mereka sekedar untuk bersenang-senang saja. Anda jangan terlalu stress memikirkan jikalau ternyata ramalan mimpi anda tidak sesuai dengan keinginan anda atau bahkan buruk. 

Jadi kalau anda terlalu memikirkan ramalan mimpi yang buruk maka bisa jadi anda justru akan mewujudkan mimpi buruk tersebut secara tidak sadar. Psikologi mengatakan bahwa seseorang akan cenderung bertindak negatif jika ia sedang merasa cemas. 

Jadi semakin anda cemas maka semakin besar kemungkinan anda akan mewujudkan mimpi buruk tadi. Kalau sudah begini orang akan menjadi bingung apakah hal buruk terjadi karena kita bermimpi atau karena kita bermimpi kita mewujudkan sendiri hal yang buruk tadi. 

Di indonesia sendiri tafsir mimpi yang umum di tengah-tengah masyarakat atau tafsir mimpi yang menggunakan primbon jawa. Primbon jawa adalah sebuah buku yang berisi kumpulan kode-kode ataupun simbol-simbol yang ditemukan di dalam mimpi seseorang. 

Dengan mempelajari kode-kode dan simbol ini maka seseorang bisa mengetahui hal apa saja akan terjadi di masa yang akan datang. Setidaknya seperti itulah klaim dari para penulis buku primbon.