Manfaat Berolahraga

Terkadang rasa malas dan capek menjadi faktor utama ketika mau berolahraga. Kebayangkan ketika weekend tiba waktunya buat istirahat dan bermalas-malasan tapi harus mengangkat badan untuk berolahraga. Betapa capek rasanya dan pengen sekali tidur seharian di kasur yang super nyaman. Memang sih untuk mengumpulkan niat berolahraga itu gampang-gampang susah. Susahnya kalau lagi tidak mood dan pengen istirahat seharian di kamar, tentu saja tanpa melakukan aktvitas apa-apa.
Kalau ketika lagi gampang bangkitin mood berolahraga karena ada motivasi dari teman atau pasangan, sehingga jadi bersemangat buat berolahraga. Manfaat olahraga dapat berefek jangka pendek maupun jangka panjang, bahkan juga dapat meningkatkan kualitas hidup.

Berolahraga secukupnya dan istirahatlah secukupnya juga. Berolahraga yang berlebihan juga tidak baik lho tanpa memperhatikan kondisi tubuh kita sedang fit atau tidak, alih-alih sehat yang di dapat malah cidera atau kram yang didapat. Jelas apapun itu jika dilakukan secara berlebihan pasti ujungnya tidak akan terlalu baik. Manfaat berolahraga tentu saja tentu sangat banyak, malah kita memang dianjurkan untuk  meluangkan waktu untuk menggerakkan badan kita. Rutinitas di kantor dan pekerjaan rumah tangga memang cukup menguras tenaga. Tetapi tidak ada salahnya jika kita pandai mengatur waktu bisa saja berolahraga dengan teratur. Tidak harus olahraga yang ekstrem atau olahraga yang lagi kekinian ya. Berjalan-jalan di taman atau sekedar bersepeda di taman pun tak apa yang jelas menggerakkan tubuh kita sehingga dapat merangsang otot-otot. 

Olahraga itu cukup murah tidak mahal dan dapat menghindarkan dari bahaya obesitas. Terlebih dengan gaya hidup sekarang ya lebih memilih nongkrong di cafe-cafe daripada meluangkan waktu berolahraga. Olahraga tidak ada batas usia, selagi ada kemauan untuk berolahraga kenapa tidak segera melakukannya?terlebih lagi manfaat ini dapat dinikmati dalam jangka pendek dan jangka panjang. Mari bahas yuk beberapa manfaat berolahraga itu apa saja, biar kita makin bersemangat nih buat berolahraga.
  • Terhindari obesitas, lemak yang tertumpuk di bagian tubuh tertentu bisa berkurang akibat adanya pembakaran kalori ketika tubuh kita bergerak. Gaya hidup yang baik dengan memperhatikan asupan makanan juga dapat terhindari dari obesitas. 
  • Mengendalikan Gula Darah (Diabetes), karena lemak berkurang maka secara otomatis gula darah di dalam tubuh dapat dikendalikan sehingga tidak perlu takut dengan dula darah yang tidak terkontrol. 
  • Terhindari dari nyeri punggung, karena hampir sepekan bekerja atau bersekolah tentu saja kita dihadapkan pada rutinitas di depan komputer atau duduk berjam-jam memonitoring pekerjaan. Dengan melakukan pergerakan ditubuh setidaknya membantu peregangan otot-otot serta kelenturan sendi sehingga membantu mencegah nyeri punggung.
Nah itu beberapa sederet manfaat dari berolahraga, tentu  saja masih banyak juga manfaat dari berolahraga. Teratur dan tidak berlebihan kuncinya agar badan tetap fit dan bugar. Perhatikan juga pakaian yang dikenakan saat berolahraga ya, ada kalanya jangan sembarangan memakai pakaian agar tidak mengganggu aktivitas olahraga dan menjadi maksimal.