Tips Memasang Granit Lantai Rumah

 


Mempunyai rumah dengan tampilan yang mewah bisa saja menjadi salah satu impian bagi kebanyakan orang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan tampilan lantainya. Anda bisa memilih lantai dengan material granit. Kemudian untuk tips memasang granit lantai rumah bisa melihat pada langkah yang ada di bawah.

Namun sebelumnya, lantai rumah yang terbuat dari material granit ini bisa memberikan kesan yang sejuk dan juga dingin. Dengan begitu dapat menjadikan rumah menjadi lebih nyaman untuk ditinggali. Untuk motif granitnya sendiri juga ada banyak, Anda tinggal memilih motif mana yang cocok dengan konsep rumah yang Anda usung.

Tips Memasang Granit Lantai Rumah dengan Mudah

Jika Anda sudah memilih motif granit yang hendak digunakan. Maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemasangan granit, caranya adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Titik Awal

Langkah pertama yaitu dengan menentukan titik awal, biasanya dimulai di tengah atau bisa dikatakan titik as bangunan tersebut. Letaknya ada di tengah pintu utama rumah. Kemudian Anda bisa melakukan pengukuran dan usahakan jangan ada potongan granit sisa pada ujung lantai. Jika sampai ada potongan granit tersebut tentunya bisa mengurangi nilai estetika pada rumah Anda.

2. Mencopot Benang

Tips memasang granit lantai rumah selanjutnya yaitu dengan mencopot benang. Hal ini bisa dilakukan jika dirasa pengukuran titik awal sudah pas. Tentunya pada proses ini membutuhkan ketelitian lebih. Usahakan salah satu sisi pemasangan granit sudah tepat dengan ukuran yang sudah dihitung tadi.

Jika misalnya ukuran pada benang tersebut tidak sesuai hal ini tentunya juga akan berdampak pada proses pemasangan granit nantinya. Bisa saja ada potongan granit sisa yang ada pada ujung lantai. Selain itu, juga bisa terjadi kekurangan granit yang harus dipasang. Maka dari itu memang harus benar-benar pas.

3. Pemasangan

Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan pemasangan granit. Hal ini bisa dilakukan ketika semua persiapan yang ada di atas tersebut selesai dilakukan. Adapun hal yang perlu diketahui dalam pemasangan granit adalah pentingnya mengetahui dari mana arah memulai pemasangan. Tujuannya yaitu agar hasil dari pemasangan ini terlihat rapi dan juga tidak ada sisa granit yang terbuang.

Untuk pemasangannya sendiri biasanya dilakukan oleh orang yang profesional, seperti jasa bangun rumah Semarang. Hal ini dikarenakan untuk bisa menghasilkan pemasangan granit yang rapi dan juga memuaskan. Jika Anda ingin memasangnya sendiri tapi masih belum berpengalaman. Tentunya hasilnya tidak akan sebagus yang dilakukan oleh tukang profesional.

4. Membersihkan Lantai

Jika proses pemasangan granit tersebut sudah berhasil dilakukan. Langkah selanjutnya adalah dengan menunggu beberapa saat agar granit tersebut benar-benar terpasang dengan sempurna. Jika sudah, Anda bisa mulai membersihkan lantai yang kotor akibat proses pemasangan granit.

Kalau perlu Anda bisa mengepel lantai tersebut agar terlihat bersih. Dengan begitu, rumah Anda seketika akan terlihat lebih mewah dan elegan. Tentunya bisa membuat Anda nyaman berada di dalam rumah.

Nah, itulah beberapa tips memasang granit lantai rumah yang bisa Anda lakukan. Hal yang perlu diingat adalah pilih motif granit yang sesuai dengan konsep rumah. Jika tidak, lantai rumah Anda akan terlihat aneh karena tidak sesuai dengan konsep rumah yang Anda usung. Selain itu, pastikan untuk melakukan beberapa tips atau cara yang ada di atas secara urut dan benar. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.