Tips Memilih Travel Haji dan Umroh yang Aman

Bagi setiap muslim, kesempatan untuk menunaikan ibadah haji atau umrah merupakan impian yang sangat besar. Dan disadari atau tidak, besarnya animo dan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap ibadah haji dan umrah juga menyebabkan menjamurnya bisnis travel, baik itu yang melayani perjalanan umrah, perjalanan haji reguler, hingga paket perjalanan haji. di Indonesia.


Pihak travel ini umumnya akan membantu dalam mempersiapkan segala kebutuhan terkait perjalanan keagamaan, mulai dari pengurusan visa haji dan umrah, tiket pesawat, reservasi hotel, transportasi dan konsumsi jemaah selama ibadah, hingga layanan pendampingan selama haji atau umrah.

Sayangnya, jenis persyaratan ini sering digunakan oleh para peziarah haji dan umrah yang tidak bertanggung jawab. Berbagai kasus penipuan dan penggelapan yang terjadi akhir-akhir ini membuat umat Islam resah dan ketakutan saat akan menunaikan ibadah haji dan umrah.

Agar tidak menjadi korban penipuan, berikut kami bagikan tips memilih perjalanan haji dan umroh yang aman dan terpercaya.

1. Pastikan kredibilitas pihak yang melakukan perjalanan

Tips aman yang pertama adalah memastikan kehandalan layanan travel haji plus dan umrah yang akan Anda pilih. Memastikan agen perjalanan tersebut terdaftar di Kementerian Agama, dan telah memenuhi berbagai persyaratan sesuai peraturan yang berlaku, antara lain: izin kerja pariwisata tetap, tanda daftar perusahaan, NPWP perusahaan, surat keterangan domisili perusahaan, hingga keputusan Kementerian Agama. Menteri Kehakiman dalam akta pendirian perusahaan.

Selain itu, pastikan perusahaan perjalanan haji dan umrah juga memiliki surat keputusan dari Kementerian Agama untuk Dirjen Departemen Haji dan Umrah baik sebagai penyelenggara haji dan umrah swasta, sertifikat anggota amphoric, sertifikat badan usaha syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI.

2. Lihat track record perusahaan travel tersebut

Jangan lupa juga untuk mengecek track record perusahaan travel haji dan umrah yang akan Anda gunakan. Pasalnya, sejarah perusahaan merupakan sesuatu yang sangat penting yang tidak boleh dilewatkan.

Pelajari berbagai informasi terkait perusahaan travel, mulai dari tanggal pendirian dan pembukaan perusahaan, dan pernahkah Anda terlibat dalam kasus penipuan atau penggelapan uang jamaah, dan apakah ada jamaah yang gagal berangkat karena kesalahan wisatawan, dan informasi penting lainnya.

Semakin lama berdiri dan beroperasinya perusahaan perjalanan haji dan umrah, maka perusahaan tersebut akan semakin kredibel dan terpercaya. Jika ia bepergian dengan buruk atau melakukan penipuan, tentu perjalanan itu tidak akan berlangsung lama.

3. Memiliki jadwal keberangkatan yang jelas

Untuk dapat melayani perjalanan haji dan umrah, perusahaan travel tentunya sudah mendapatkan kuota Visa Keberangkatan. Dari visa yang didapat, pihak travel baru bisa meminta tiket pesawat pulang pergi ke Makkah atau Madinah.

Sebagai perusahaan perjalanan haji dan umrah yang profesional dan terpercaya, mereka akan merilis jadwal bulan keberangkatan dan maskapai yang akan digunakan. Jika pihak travel tidak memiliki informasi jadwal seperti ini, sebaiknya hindari trip tersebut.

4. Periksa paket yang disediakan dengan teliti

Setiap paket haji dan umrah umumnya memiliki paket haji dan umrah yang berbeda-beda yang ditawarkan kepada calon jemaah haji. Dari sini Anda bisa mengevaluasi apakah paket tersebut menawarkan fasilitas dan layanan yang sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Jika Anda menemukan harga yang tidak wajar, misalnya terlalu murah, sebaiknya Anda curiga dan tidak menggunakan jasa travel tersebut.

5. Periksa status visa

Perlu Anda ketahui bahwa visa haji dan umrah berbeda dengan visa liburan. Untuk itu harus dipastikan kuota visa dari pihak travel adalah visa khusus haji, umroh dan haji.

Anda perlu memastikannya dilakukan dengan benar, agar nantinya tidak bermasalah dengan imigrasi Saudi saat berangkat haji atau umrah.

6. Pembayaran yang aman dan jelas

Tip selanjutnya adalah melihat apakah perusahaan perjalanan memiliki metode pembayaran yang jelas dan aman. Perusahaan travel haji dan umrah yang terpercaya akan menggunakan rekening pembayaran yang namanya sesuai dengan nama perusahaan.

Jangan mempercayakan perusahaan travel haji dan umrah yang menggunakan rekening pribadi. Alasannya, ini sangat mencurigakan dan jika ada masalah penipuan atau penyelewengan uang jamaah maka akan sangat sulit untuk meminta pertanggungjawaban mereka.